Skripsi
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL AYAH MENGAPA AKU BERBEDA KARYA AGNES DAVONAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP
Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Novel
Penelitian ini membahas nilai-nilai pendidikan dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda karya Agnes Davonar. Tujuan dalam skripsi ini adalah (1) Mendeskripsi nilai-nilai pendidikan yang menonjol dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda karya Agnes Davonar. (2) Mendeskripsi implikasinya terhadap pembelajaran sastra Indonesia di SMP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu cara menganalisis secara logis dan sistematis. Sumber data penelitian ini adalah novel Ayah Mengapa Aku Berbeda karya Agnes Davonar. Wujud data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan dari isi novel Ayah Mengapa Aku Berbeda yang kemudian diidentifikasikan ke dalam kajian nilai moral dan nilai religius. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kepustakaan yaitu suatu teknik penelitian yang dilakukan dengan cara mencari dan mengumpulkan literatur-literatur yang relevan atau sesuai dengan bidang kajian yang akan diteliti, dan nantinya dapat digunakan sebagai bahan acuan atau landasan dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan metode observasi dengan teknik membaca, simak, dan catatan observasi atau pengamatan dilakukan dengan mengamati keadaan naskah secara keseluruhan novel Ayah Mengapa Aku Berbeda karya Agnes Davonar. Data yang didapat dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kemudian disajikan dengan teknik informal dan disusun secara sistematis.
Berdasarkan hasil penelitian nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda karya Agnes Davonar adalah nilai moral dan nilai religius. Nilai moral terdiri atas pengorbanan, solidaritas, tenggang rasa dalam menerima perbedaan, nilai kesopanan, belajar menerima keadaan, wujud bakti kepada orang tua, dan kepercayaan. Nilai religius dalam penelitian ini terdiri dari hubungan manusia dengan manusia, tradisi salah satu agama, dan hubungan manusia dengan Tuhan.
Hasil penelitian ini diimplikasikan oleh penulis terhadap pembelajaran sastra di SMP. Pembelajaran menggunakan metode tanya jawab dan pemberian umpan balik kepada siswa. Penilaian pembelajaran diberikan berdasarkan tingkat apresiasi siswa yang telah menganalisis unsur-unsur yang terkandung dalam novel.
01509501327 | VAT n | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain