Skripsi
RETORIKA DEDDY CORBUZIER DALAM ACARA TALK SHOW HITAM PUTIH DI TRANS7 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci : Retorika, Talk Show, Implikasi
Retorika yang digunakan dalam acara talk show hitam putih mampu memengaruhi dan menarik perhatian pendengar dengan cara memilih dan memilah kata-kata serta menempatkanya sesuai dengan tema yang sedang dibicarakan.
Rumusan masalah yang akan dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah retorika yang digunakan Deddy Corbuzier dalam acara talk show hitam putih di Trans7, (2) apakah jenis pertanyaan yang digunakan oleh Deddy dalam acara talk show hitam Putih di Trans7, (3) bagaimana Implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan retorika yang digunakan oleh Deddy, jenis-jenis pertanyaan, serta implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa dialog Deddy dengan bintang tamunya yang mengandung pertanyaan. Sumber data berasal dari dialog Deddy dengan bintang tamu dalam acara talk show Hitam Putih di Trans7. Sumber data berjumlah 5 episode. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, teknik teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Data yang berupa hasil analisis tersebut disajikan dengan model penyajian informal yaitu data yang disajikan dalam deskripsi khas verbal dengan rumusan kata-kata biasa tanpa lambang-lambang.
Penelitian ini menghasilkan (1) retorika yang digunakan Deddy dalam acara talk show Hitam Putih adalah mampu memengaruhi dan menarik perhatian pendengar dengan cara memilih dan memilah kata-kata serta menempatkanya sesuai dengan tema yang sedang dibicarakan, (2) jenis pertanyaan yang ditemukan sebanyak 11 jenis pertanyaan yakni : pertanyaan informatif 9 data, pertanyaan untuk mengaktifkan 3 data, pertanyaan untuk mengontrol 5 data , pertanyaan untuk menjebak 1 data, pertanyaan Socrates 4 data, pertanyaan retoris 3 data, pertanyaan alternatif 3 data, pertanyaan untuk membuka masalah baru 1 data, pertanyaan untuk menutup pembicaraan 1 data, pertanyaan provokatif 3 data, pertanyaan ofensif 6 data, dan pertanyaan untuk membuka pembicaraan 1 data, (3) Implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam ilmu kabahasaan. Pembelajaran berbicara dapat dilihat berdasarkan konteks penggunaanya.
01509501300 | TRI r | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain