Skripsi
NILAI - NILAI MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN 18 FIKSI DI RANJANG BAYI KARYA N RIANTIARNO DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci: Nilai-nilai moral, cerpen
Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah nilai-nilai moral yang terdapat dalam kumpulan cerpen 18 Fiksi di Ranjang Bayi karya N Riantiarno; 2) Bagaimanakah implikasi pembelajaran nilai-nilai moral dalam kumpulan cerpen 18 Fiksi di Ranjang Bayi karya N Riantiarno dalam pembelajaran sastra di SMA? Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam kumpulan cerpen 18 Fiksi di Ranjang Bayi karya N Riantiarno; 2) Mendeskripsikan implikasi pembelajaran nilai-nilai moral dalam kumpulan cerpen 18 Fiksi di Ranjang Bayi karya N Riantiarno dalam pembelajaran di SMA.
Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan mencari referensi yang berkaitan dengan nilai moral. Sumber data penelitian adalah kumpulan cerpen 18 Fiksi di Ranjang Bayi karya N Riantiarno dan aspek-aspek yang berhubungan dengan nilai moral yang ada pada kumpulan cerpen 18 Fiksi di Ranjang Bayi karya N Riantiarno. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan dan metode analisis. Teknik analisis data menggunakan metode observasi dengan teknik baca, menyimak, dan mencatat. Teknik penyajian hasil analisis data yaitu dengan penafsiran, konteks naskah, konteks analisis tersebut dihubungkan dengan teori-teori atau referensi yang relevan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada cerpen “Utang”, “Kebohongan di Atas Atap”, dan “Ibu” dalam kumpulan cerpen 18 Fiksi di Ranjang Bayi maka dapat disimpulkan persentase kandungan nilai-nilai moral dalam ketiga cerpen tersebut. Dalam cerpen “Utang” kutipan yang mengandung nilai-nilai moral kehidupan 60%, kutipan nilai-nilai moral agama 30%, dan kutipan nilai-nilai moral sosial 10%. Dalam cerpen”Kebohongan di Atas Atap” kutipan yang mengandung nilai-nilai moral kehidupan 38%, kutipan yang mengandung nilai moral agama 12%, dan kutipan yang mengandung nilai moral sosial 50%. Dalam cerpen “Ibu” jumlah kutipan yang mengandung nilai-nilai moral kehidupan 62%, kutipan yang mengandung nilai-nilai moral agama 23%, dan kutipan yang mengandung nilai moral sosial 15%.
Implikasi pengajaran kumpulan cerpen 18 Fiksi di Ranjang Bayi karya N Riantiarno untuk kelas XI semester 2, standar kompetensi mendengarkan memahami pembacaan cerpen. Kompetensi dasarnya adalah mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen yang dibacakan dan menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan. Indikator mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik dalam cerpen, menemukan nilai-nilai dalam cerpen, dan menceritakan kembali isi cerpen dengan bahasa sendiri.
01510500184 | IND n | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain