Skripsi
PENGGUNAAN GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA CERITA ANAK “ KISAH NABI YUSUF AS” DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA SASTRA INDONESIA DI SMP
Kata Kunci :Gaya bahasa Personifikasi dan Cerits anak
Penulis mengkaji dua masalah, yaitu bagaimana kemampuan menulis narasi pada siswa kelas X SMA N 1 Balapulang tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode imajinatif ?Bagaimanakah keefektifan penggunaan metode imajinatif dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas X SMA N 1 Balapulang tahun pelajaran 2012/2013?
Penulis menggunakan desain dua kelompok yaitu (1) kelompom I (kelompok eksperimen) yaitu siswa yang diajar menggunakan metode imajinatif, sebanyak 33 sampel. (2) kelompok II, (kelompok kontrol) yaitu siswa yang diajar tanpa menggunakan metode imajinatif, sebanyak 33 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes menulis narasi. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 6,4 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 3,2 dengan t tabel 1,70.
Jadi, pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan metode imajinatif dan tanpa menggunakan metode imajinatif sama-sama efektif, tetapi lebih efektif dengan menggunakan metode imajinatif karena: (1) metode imajinatif merupakan metode yang dibentuk oleh daya khayal yang bersumber dari pengalaman pribadi. Dengan kata lain, metode imajinatif tidak asing lagi dalam lingkungan siswa, sehingga dapat digunakan sebagai metode pembelajaran dalam menulis narasi (2) dengan metode imajinatif siswa jadi lebih semangat dalam belajar, terutama membuat narasi. (3) metode imajinatif dapat membantu siswa dalam mengekspresikan daya imajinasi mereka dan memudahkan mereka untuk memahami kalimat.
01509501181 | UNT p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain