Skripsi
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAMI DALAM NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMP
Kata Kunci : nilai-nilai pendidikan Islami, unsur ektrinsik novel
Permasalahan dalam skripsi ini adalah “Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan islami dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMP”. Sesuai dengan rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan “mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan islami dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dan mendeskripsikan implikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Hafalan Shalat Delisa terhadap pembelajaran sastra di SMP”.
Sasaran penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan islami yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye yaitu (1) Nilai Keibadahan, (2) Nilai Keimanan, (3) Nilai kesusilaan, (4) Nilai Ketakwaan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu buku novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye. Sumber data yang digunakan adalah novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye. Wujud data penelitian ini yaitu data kualitatif berupa kata-kata, kalimat, dan wacana. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis yang di lakukan data yang tersedia, sehingga menghasilkan pesan-pesan yang berhubungan dengan pokok permasalahan tersebut.
Hasil penelitian nilai-nilai Pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye, antara lain: (1) nilai keibadahan, hasil analisis dari nilai keibadahan ada 14 kutipan sama dengan 20% (2) nilai keimanan, hasil analisis dari nilai keimanan ada 31 kutipan sama dengan 44% (3) nilai kesusilaan atau akhlakul kharimah, hasil analisis dari nilai kesusilaan atau akhlakul kharimah ada 10 kutipan sama dengan 14% (4) nilai ketakwaan, hasil analisis dari nilai ketakwaan ada 15 kutipan sama dengan 22%. Sehubungan dengan hasil analisis penelitian dapat disarankan bahwa analisis ini dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran sastra Indonesia. Khususnya, pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas IX semester II dengan standar kompetensi membaca, memahami novel dari berbagai angkatan dan kompetensi dasar mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel.
01509501171 | NUR n | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain