Skripsi
TINJAUAN SEMIOTIK PADA KUMPULAN PUISI NYANYI SUNYI KARYA AMIR HAMZAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci: semiotik, puisi, dan implikasi pembelajaran
Penelitian ini berjudul “Tinjauan Semiotik pada Kumpulan Puisi Nyanyi Sunyi Karya Amir Hamzah dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra Indonesia di SMA”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah aspek semiotik yang terdapat dalam kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah dilihat dari indeksnya? dan (2) bagaimanakah implikasi aspek semiotik terhadap pembelajaran sastra di SMA? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan aspek semiotik yang terdapat dalam kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah dilihat dari indeksnya, dan (2) mendeskripsikan implikasi aspek semiotik terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah terbitan Dian Rakyat Jakarta pada cetakan keempat belas tahun 2004. Wujud data dalam penelitian ini berupa baris-baris dari puisi-puisi yang ada pada kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik pustaka simak dan catat. Teknik analisis datanya dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif-deskriptif, yakni dengan mendeskripsikan tentang semiotik dilihat dari struktur fisik, pembacaan heuristik, dan pembecaan hermeneutik atau retroaktif pada kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah. Pembahasan penelitian ini dilakukan dengan menunjukkan data atau penggalan baris pada puisi tersebut.
Hasil penelitian pada pembahasan skripsi di atas dapat disimpulkan bahwa tinjauan semiotik dari lima puisi, yakni Padamu Jua, Tetapi Aku, Karena Kasihmu, Turun Kembali, dan Insyaf yang diambil dari kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah dilakukan dengan mengkajI beberapa hal, yakni: pertama, mengkaji struktur fisik pada puisi, meliputi: diksi, bahasa figuratif, dan citraan. Kedua, mengkaji pembacaan heuristik untuk mencari arti dengan mengubah makna konotasi ke dalam makna denotasi. Ketiga, mengkaji pembacaan hermeneutik atau retroaktif untuk mencari makna dalam puisi-puisi tersebut. Hasil analisis pada penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran sastra di SMA.
01509501273 | NUR t | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain