Skripsi
KEEFEKTIFAN PENERAPAN TEKNIK IMAGINE (KHAYALAN VISUAL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: teknik imagine (khayalan visual), menulis, cerita pendek.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal. (2) Bagaimanakah pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal. (3) Apakah penerapan teknik imagine (khayalan visual) efektif dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan prestasi belajar menulis cerita pendek siswa yang diajarkan dengan teknik imagine (khayalan visual) dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan imagine (khayalan visual). Adapun populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal, tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 252 siswa. Dari 252 siswa tersebut diambil sampel secara cluster random sampling atau teknik acak berkelompok sebanyak 63 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 sebanyak 32 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelompok 2 sebanyak 31 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes.
Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian pretes dan postes. Analisis dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t nonindependen dan uji t independen. Berdasarkan hasil perhitungan uji t independen, kemampuan menulis cerita pendek diperoleh thitung = 47,94 sedangkan t.tabel 1,70 dengan derajat kebebasan 30 pada taraf signifikansi 0,05. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa t.hitung lebih besar dari t.tabel (47,94 > 1,70). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini diterima (Ho ditolak). Kemudian, kedua siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t independen (t-tes). Hasilnya adalah 23,70 (23,70 > 1,67). Ini menunjukkan bahwa t.hitung lebih besar dari pada t.tabel. Dengan demikian, Ho ditolak atau penelitian ini diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal, tahun pelajaran 2012/2013 yang diberi pembelajaran dengan menggunakan dengan teknik imagine (khayalan visual) akan memperoleh prestasi menulis cerita pendek lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan teknik imagine (khayalan visual).
01509501249 | HES k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain