Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLEDALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI MARGADANA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : model learning cycle, menulis teks berita
Rumusan masalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VIII MTs N Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam menulis teks berita? (2) Bagaimanakah pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan model learning cycle pada siswa kelas VIII MTs N Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013? (3) Bagaimanakah keefektifan model learning cycle dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII MTs N Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII MTs N Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam menulis teks berita (2) Untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks berita dengan model learning cycle pada siswa kelas VIII MTs N Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 (3) Untuk mendeskripsikan keefektifan model learning cycle dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs N Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Margadana Kota Tegal. Jumlah sampel sebanyak 64 siswa, yang dijadikan kelas eksperimen 32 dan kelas kontrol 32 untuk penelitian. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik kelompok atau cluster sampling. Penelitian ini adalah penelitian bersifat kuantitatif yakni menganalisis data melalui pembuktian hipotesis dengan rumus statistik. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan tes tertulis.
Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian pretes dan postes. Analisis data dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t non-independen. Berdasarkan dari analisis menulis teks berita dengan t hitung 7,14 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 0,05 dan dk32+32-2=62 adalah 1,67. Perbedaan tersebut menunjukan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu (7,14˃1,67). Hal ini menunjukan bahwa model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Margadana Kota Tegal.
Simpulannya bahwa menulis teks berita dengan model learning cycle lebih efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model learning cycle.
01509501213 | PUR k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain