Skripsi
PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA KEDISPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER II DI SMP MA’ARIF NU 3 JATINEGARA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Peranan Guru PKn dan Prestasi Belajar
Peran guru selain sebagai pengajar, pembimbing Peserta didik dan juga membangun pendidikan dimasa depan. Disiplin sangat penting bagi pembentukan karakter peserta didik, oleh karena itu disiplin harus ditanamkan secara terus menerus agar menjadi kebiasaan.
Rumusan masalah penelitian ini apakah ada hubungan yang signifikan antara peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membina kedisplinan peserta didik terhadap prestasi belajar. Tujuannya untuk menguji ada tidaknya hubungan yang signifikan Peranan Guru PKn dalam membina kedisiplinan Peserta didik terhadap Prestasi Belajar pada peserta didik SMP Ma’arif Nu 3 Jatinegara Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2012/2013.Landasan teoritis Peran Guru sebagai pengajar dan juga pendidik, Pendidikan Kewarganegaraan membentuk karakter bangsa, disiplin artinya ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib, Prestasi belajar merupakan tingkat keberhasilan peserta didik dalam mempelajari materi pelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis korelasional, Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Ma’arif Nu 3 Jatinegara KabupatenTegal 2012/2013 yang berjumlah 45 peserta didik. sedangkan datanya berupa soal angket yang berupa pertanyaaan. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dan eknik dokumentasi Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membina kedisplinan peserta didik, variabel terikat dalam penelitian ini adalah Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Analisis data menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian dari analisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan pearson product moment dengan taraf signifikansi 5 % untuk N = 45, didapat harga rhitung sebesar 0,361 sedangkan rtabel 0,294. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII semester II SMP Ma’arif NU 3 Jatinegara Tahun Ajaran 2012/2013.Saran Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan penyempurnaan dalam pelaksanaan kegiatan dan menjadi cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
01209500870 | SUP p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain