Skripsi
PERANAN PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MORAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ADIWERNA KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2012/2013
Kata kunci : Pola asuh orang tua, kecerdasan moral
Sikap dan perilaku orang tua dalam mendidik anak-anak itu sangat berbeda antar orang tua, sehingga sering mengakibatkan perkembangan pribadi anak yang beragam. Faktor sikap orang tua berpengaruh terhadap sosialisasi anak, pengetahuan dan pendidikan orang tua juga memainkan peran, di samping faktor ekonomi yang juga dapat mempengaruhi perkembangan anak dalam pola asuh orang tua.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pola asuh orang tua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna 2) bagaimana perkembangan kecerdasan moral siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna 3) apakah perbedaan pola asuh orang tua dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan moral siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna.
Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna. Datanya didapat dari penyebaran angket pada dua variabel yaitu variabel pola asuh orang tua (X) dan variabel kecerdasan moral (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna yang berjumlah 32 siswa tersebut yang seluruhnya dijadikan sampel.
Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan dari analisis r hitung = 0,431 dikonsultasikan pada taraf signifikansi 5%. rtabel sebesar = 0,349. Perbedaan tersebut membuktikan bahwa rhitungĀ¬ lebih besar dari rtabel (0,431 > 0,349). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Simpulan penelitian ini, yaitu: (1) sebagian orang tua menerapkan pola asuh demokratis pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna, (2) perkembangan kecerdasan moral pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna memiliki kecerdasan moral (kecerdasan emosional) yang baik, (3) ada perbedaan pola asuh orang tua dan pengembangan kecerdasan moral siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna.
Berdasarkan simpulan tersebut penulis memberi saran agar sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana, siswa memiliki komunikasi yang baik dalam melaksanakan hubungan dengan orang tua yang baik dan harmonis baik di dalam maupun di luar rumah, orang tua dalam mendidik anak dapat membantu meningkatkan kemampuan anak untuk dapat bersopan santun yang baik dan memiliki tata karma, guru dapat mengetahui pola asuh orangtua dari siswa dengan seefektif mungkin.
01209500784 | IND p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain