Skripsi
PENGARUH KUALITAS PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN PESERTA JAMKESMAS DI PUSKESMAS ADIWERNA KABUPATEN TEGAL
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Berapa besar pengaruh kualitas pegawai terhadap pelayanan peserta jamkesmas di Puskesmas Adiwerna Kabupaten Tegal?
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksaan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui kualitas pegawai di Puskesmas Adiwerna Kabupaten tegal.
2. Untuk mengetahui pelayanan peserta jamkesmas di Puskesmas Adiwerna Kabupaten Tegal.
3. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pegawai terhadap pelayanan peserta jamkesmas di Puskesmas Adiwerna Kabupaten Tegal.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian asosiatif, dimana penulis bermaksud mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih yaitu untuk mengetahui hubungan kualitas pegawai terhadap pelayanan peserta jamkesmas di Puskesmas Adiwerna Kabupaten Tegal.
Analisis data yang dipergunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat kuantitatif, yaitu analisis data yang menggunakan rumus-rumus dan data statistik untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan 2 (dua) variabel yaitu variabel kualitas pegawai (x) dan variabel pelayanan peserta jamkesmas (y). Populasi dari penelitian adalah pegawai puskesmas dan masyarakat peserta jamkesmas, yang sampelnya terdiri dari 10 pegawai puskesmas diambil secara proportionate stratified random sampling dan 50 masyarakat jamkesmas diambil secara random.
Hasil penelitian dan setelah dilakukan perhitungan dari variabel x mempunyai nilai sebesar 40,5835% dikatagorikan kurang baik, sedangkan variabel y sebesar 36,9995% dikatagorikan kurang baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel sesuai dengan perhitungan Uji Korelasi Product Moment dengan nilai 0,417 dan memiliki hubungan signifikan. Dan uji signifikan dengan perhitungan uji t (3,494>2,021) dengan taraf kesalahan 5%. Adapun besarnya persentase keeratan hubungan kedua variabel sebesar 17,39% sesuai perhitungan nilai determinasi..
Adapun selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain sebesar 82,61% meliputi motivasi kerja pegawai, pelatihan dan diklat pegawai, hubungan antara pegawai dengan tempat kerja.
Kata kunci : Kualitas Pegawai, Pelayanan Pesrta Jamkesmas.
02109501409 | NUR | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain