Skripsi
IMPLEMENTASI UNDANG – UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA DI KANTOR KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam memberikan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukan Informasi Publik dalam memberikan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal.
2. Untuk mengetahui permasalahan yang menghambat implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam memberikan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan implementasi UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukan Informasi Publik ke dalam Standar Pelayanan Publik di bidang pemberian pelayanan prima bagi masyarakat terutama dalam pengurusan KTP dan KK di Kantor Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Analisis data yang digunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah analisis yang bersifat deskriptif, yaitu analisis dengan menggunakan penggambaran atas gejala dan kondisi yang ada yang dapat diwujudkan dalam bentuk keterangan-keterangan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan.
Berkaitan dengan hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 di Kantor Kecamatan Tarub diwujudkan dalam bentuk penerbitan S.K. Camat Tarub No. 060/008/2012 tentang Standar Pelayanan Publik, di mana di dalamnya mengatur secara transparan mekanisme pelayanan pengurusan dokumen kependudukan termasuk KTP dan KK. Permasalahan yang ada berupa adanya sebagian pegawai yang kinerjanya rendah, sehingga berkakibat terjadinya keterlabatan penyelesaian pengurusan KTP dan KK.
Saran untuk penelitian ini adalah perlu dilakukan peningkatan pembinaan kepegwaian , sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan pegawai terhadap masyarakat secara optimal.
Kata Kunci : Pelayanan Prima, Transparansi, Akuntabel.
02109501399 | EVI i | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain