Skripsi
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUMAH SAKIT UMUM KARDINAH TEGAL
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Persepsi Masyarakat terhadap Pelaksanaan Program Jamkesmas di Rumah Sakit Umum Kardinah Tegal.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui pelaksanaan program jamkesmas di Rumah Sakit Umum Kardinah Tegal.
2. Unutk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan program jamkesmas di rumah sakit umum Kardinah Tegal.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian yang bersifat deskriptif, yakni penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan program jamkesmas di rumah sakit umum Kardinah Tegal.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan kepustakaan.
Analisis data yang dipergunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat deskriptif, yaitu analisis data yang menggunakan penggambaran keterangan sesuai keadaan yang sebenarnya peneliti lakukan di lapangan.
Berkaitan dengan hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat persepsi yang positif dan juga negatif terhadap pelaksanaan program jamkesmas di rumah sakit umum Kardinah Tegal. Artinya meskipun kehadiran program jamkesmas dirasa membawa manfaat yang besar bagi masyarakat, namun disisi lain juga banyak permasalaan yang muncul dalam pelaksanaannya. Secara umum masyarakat mempunyai persepsi yang positif terhadap pelaksanaan program jamkesmas di rumah sakit umum Kardinah Tegal untuk indkator pelayanan administrasi, indikator pelayanan perawat dan dokter dari aspek kesungguhan perawat, ketrampilan perawat, kesungguhan dokter dalam upaya penyembuhan penyakit pasien, kemudian berdasarkan indikator Sikap Perawat dan Dokter, dari aspek keramahan perawat ketika pertama kali menerima pasien masuk, perhatian perawat, keramahan dokter dan kesabaran dokter dalam menangani pasien dan indikator kerjasama perawat dan dokter. Sedangkan persepsi negative terhadap pelaksanaan program jamkesmas secara umum terlihat pada indicator pelayanan perawat dan dokter dari aspek kesigapan perawat, ketepatan waktu dokter dalam memeriksa pasien, kemudian dari aspek kemampuan dokter dalam menjelaskan penyakit pasien. Kemudian dari indicator Sikap Perawat dan Dokter, yakni dari aspek keramahan perawat dalam merawat pasien, kesabaran perawat.
Saran yang disampaikan melalui penelitian ini kepada pihak rumah sakit agar melakukan upaya perbaikan dan peningkatan terhadap pelayanan jamkesmas, terutama pembenahan terhadap pelayanan perawat dan dokter.
Kata kunci : Persepsi, Program Jamkesmas.
02110500088 | SUP p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain