Skripsi
PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI 2 SMK BHAKTI PRAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Konsep Diri, Prestasi Belajar.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan konsep diri peserta didik? dan bagaimana prestasi belajar peserta didik? serta, apakah ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/0213? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X AK 2 SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/0213?
Populasi berjumlah 156 peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013, dan sampel berjumlah 32 peserta didik ditetapkan dengan menggunakan tenik claster sampling yaitu cara memilih sampel yang berasal dari satu kelas X AK 2 dari keseluruhan jumlah populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan kolerasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi presentase serta uji korelasi product moment.
Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa nilai rhitung = 0,675, dan nilai rtable = 0,349 dengan taraf signifikan 5% N=32 menunjukan bahwa nilai rhitung > rtable yaitu 0.675 > 0.374 yang artinya hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi, “Ada pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013 dapat diterima.
Simpulan penelitian adalah, bahwa konsep diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Saran yang dalam penelitian ini, hendaknya seluruh komponen sekolah memiliki perhatian yang khusus bagi pengembangan konsep diri peserta didik untuk menunjang prestasi belajar mereka.
01109501156 | GEO p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain