Skripsi
HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP BIMBINGAN PRIBADI DENGAN SIKAP BERPRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL-HIKMAH BENDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Persepsi, Bimbingan Pribadi, Prestasi Belajar
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah: 1) layanan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas VIII SMP Al-Hikmah Benda Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) tingkat prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Al-Hikmah Benda Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013? 3) hubungan persepsi terhadap bimbingan pribadi dengan Sikap Berprestasi Belajar peserta didik kelas VIII SMP Al-Hikmah Benda Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:1) layanan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas VIII SMP Al-Hikmah Benda Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) tingkat prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Al-Hikmah Benda Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.3) hubungan persepsi terhadap bimbingan pribadi dengan Sikap Berprestasi Belajar peserta didik kelas VIII SMP Al-Hikmah Benda Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Al-Hikmah Benda Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 197. Sampel diambil 15% dari 197 yaitu sebanyak 31 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan deskriptif persentase.
Dari hasil analisis diketahui bahwa persepsi terhadap bimbingan pribadi pada peserta didik dalam kategori baik. Prestasi belajar pada peserta didik dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan rhitung = 0, 644 dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 31, untuk taraf signifikan 5% sebesar 0,355. Dari konsultasi tersebut diperoleh rhitung (0,644) > rtabel (0,355). Dengan demkian Ha diterima yang berbunyi “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan persepsi terhadap bimbingan pribadi dengan Sikap Berprestasi Belajar peserta didik kelas VIII SMP Al-Hikmah Benda Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Saran yang dapat disampaikan adalah adanya hubungan yang positif antara persepsi terhadap bimbingan pribadi dengan Sikap Berprestasi Belajar peserta didik, maka penerapan bimbingan pribadi di sekolah diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dalam membantu prestasi belajar peserta didik
01110500263 | IMA h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain