Skripsi
PERAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci :Bimbingan Pribadi Sosial, Kedisiplinan
Kedisiplinan di sekolah merupakan masalah yang penting untuk tegakkan, dengan ditegakkan kedisiplinan proses pendidikan berjalan lancar dan tidak terganggu. Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penyelenggaraan bimbingan pribadi sosial, bagaimana tingkat kedisiplinan, dan apakah ada peran bimbingan pribadi-sosial terhadap kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMK 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012 /2013.
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui penyelenggaraan bimbingan pribadi sosial,mengetahui kondisi kedisiplinan danperan bimbingan pribadi sosial terhadap kedisiplinan peserta didikkelas XI di SMK 1 Sragi tahun pelajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012 / 2013 sebanyak 458peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan random sampling.Dari populasi diambil 46 peserta didik sebagai sampel. Variabel penelitian ini adalah bimbingan pribadi sosial ( variabel bebas ) dan kedisiplinan ( variabel terikat ). Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan angket ( alat pengumpul data utama), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi Pearson Product Moment.
Hasil analisis data dihasilkan bimbingan pribadi sosial pada peserta didik di SMK 1 Sragi Kabupaten Pekalonganmasuk dalam kategori tinggi. Dilihat dari hasil perhitungan r hitung = 0,370 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 46 maka diperoleh r tabel = 0,291. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,370> 0,291. Dengan demikian Ha yang berbunyi “Ada peran yang signifikan antara bimbingan pribadi sosial terhadap kedisiplinan peserta didik kelas XI SMK N 1 SragiKabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012 / 2013”.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya kepala sekolah selalu mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik diantaranya berkaitan dengan kedisiplinan, hendaknya peserta didik lebih meningkatkan kedisiplinan karena hal ini akan membiasakan untuk mentaati peraturan yang ada,bagi guru BK selalu memantau dan mengawasi peserta didik dalam hal kedisiplinan sehingga tingkat pelanggaran dapat dicegah.
01110500222 | DED p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain