Skripsi
EFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Kata Kunci : Efektifitas, Program Layanan Bimbingan dan Konseling.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perencenaan dan pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013? Adapun tujuan penelitian untuk mengungkapkan keefektifan program layanan bimbingan dan konseling di Madrasan Aliyah Negeri kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Populasi penelitian 5 guru bimbingan konseling di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian 3 guru bimbingan konseling. Tenik pengambilan sampel pourpose sampling. Dan teknik pengumpulan data penelitian adalah teknik observasi dan teknik wawancara serta dokumentasi. Metode observasi Artinya memperhatikan, mengawasi, mengamati, memeriksa, pengamatan, dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang nampak pada objek penelitian objek atau responden penelitian. Wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data yang di dapat dari responden Ibu Tuti Rahayu .SPd yang menyatakan penelitian ini berorientasi pada bagaimana perencanaan dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskripsional. Hal tersebut dimaksudkan agar melalui penelitian ini dapat membentuk dan menyimpulkan teori yang bersifat substantif mengenai keefektifan program layanan bimbingan dan konseling di MAN Kote Tegal.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian adalah peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dapat dibuktikan dengan adanya pemahaman akan pentingnya pelaksanaan progran bimbingan dan konseling di sekolah dan adanya perubahan perilaku yang positif dari peserta didik. Saran yang dapat diungkapkan berdasarkan hasil penelitian adalah, perencanaan dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah hendaknya mendapat perhatian yang lebih lagi dari seluruh pihak yang terkait dalam proses pembelajaran.
01109501168 | AS'A e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain