Skripsi
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP TERBENTUKNYA KARAKTER AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NU 1 SLAWI KABUPATEN TEGALTAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci :Peran Guru Bimbingan dan Konseling,Karakter Akhlak Mulia.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah peran guru Bimbingan dan Konseling pada peserta diik kelas X Administrasi Perkantoran SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2012/2013?; 2) Bagaimanakah bentuk karakter akhlak mulia peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMK NU 1 Slawi?; 3) Bagaimanakah hubungan peran guru bimbingan dan konseling terhadap terbentuknya karakter akhlak mulia peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMK NU 1 Slawi?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peran guru bimbingan dan konseling terhadap terbentuknya karakter akhlak mulia peserta didik kelas X administrasi perkantoran SMK NU 1 Slawi.
Populasi adalah 174 peserta didik yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel yang berjumlah 26 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Dalam uji coba try out 20 dinyatakan valid dengan rtabel 0,355. Variabel x dinyatakan reliabel dengan hasil 0,534 dan variabel y dinyatakan reliabel dengan hasil 0,725. Hasil dapat disimpulkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling pada sampel penelitian dihasilkan prosentase 46,15%, sehingga masuk kategori cukup. Sedangkan karakter akhlak mulia pada sampel penelitian dihasilkan prosentase 26,92 % sehingga masuk ketegori cukup. Dengan hasil analisis data menggunakan rumus correlation product moment terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Terbentuknya Karakter Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas XI SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yaitu diperoleh angka teoritik sebesar rhitung (0,760) > rtabel (0,515) (TS 1%) dan rhitung (0,760) > rtabel (0,404) (TS 5%).
Untuk itu diharapkan guru pembimbing dapat mempertahankan dan meningkatkan perannya agar dapat menjadi motivasi peserta didik dalam meningkatkan nilai-nilai moral khususnya karakter akhlak mulia. Diharapkan peserta didik lebih memahami dan selalu mengikuti program bimbingan dan konseling dalam upaya memahami arti pentingnya karakter akhlak mulia. Kontribusi yang diberikan peran guru BK terhadap terbentuknya karakter akhlak mulia 57,76% dan faktor-faktor lain yang tidak diketahui 42,24%.
01108500913 | EMB p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain