Skripsi
PERAN KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DAN GURU BIDANG STUDI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (STUDI KASUS pada Kelas VII)
Kata Kunci : Peran Kerjasama Guru Bimbingan konseling dan guru bidang studi, Kesulitan Belajar
Pada proses belajar peserta didik ada yang lancar dan ada yang mengalami kesulitan. Akan tetapi kesulitan yang dialami peserta didik dipengarui banyak faktor, salah satunya faktor sekolah yaitu guru, guru yang tidak kualifed dapat menyebabkan kesulitan belajar. Dengan begitu kerjasama guru bimbingan dengan guru bidang studi diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kerjasama guru bimbingan konseling dan guru bidang studi kelas VII SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) untuk mengetahui Peran guru bimbingan konseling dengan guru bidang studi dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
.Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini merupakan penelitian kasus sifatnya deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar kelas VII di SMP Negeri 2 Ampelgading Tahun Ajaran 2012/2013. Sedangkan dari hasil wawancara dengan guru bimbingan konseling dan walikelas peserta didik yang mengalami kesulitan belajar adalah 3 peserta didik laki-laki. Teknik analisis data menggunakan identifikasi, diagnosis, prognosis, terapi atau pemberian bantuan, dan follow up.
Kondisi kerjasama guru bimbingan konseling dan guru bidang studi dalam mengatasi kesulitan belajar berjalan baik melihat dari hasil kategorisasi total skor kerjasama guru bimbingan konseling dan guru bidang studi dalam mengatasi kesulitan belajar memperoleh total skor 66,67 % dari hasil sebelumnya 33,33 %.
Saran yang bisa disampaikan dalam penelitian ini diantaranya adalah Bahwa guru bimbingan konseling dan guru bidang studi bisa dapat lebih aktif lagi
dan dapat meningkatkan kerjasamanya dalam mengatasi masalah yang dihadapi peserta didik, sehingga masalah yang di alami peserta didik dapat teratasi.
01109501377 | PUT p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain