Skripsi
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP SELFCONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS XI SMK BHAKTI PRAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Layanan Konseling Kelompok,Self confidence.
Pembentukan rasa percaya diri (Self confidence) dapat dilakukan melalui layanan konseling kelompok.Percaya diri (Self confidence) sangat penting dalam mengembangkan potensi belajar dan interaksi sosial peserta didik dalam meningkatkan dan pembentukan pribadiyang utuh,yang memungkinkan peserta didik mampu mengaktualisasikan dirinya.
Permasalahan penelitian ini adalah,adakah pengaruh yang positif dan signifikan layanan konseling kelompok terhadap self confidence peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, tujuan penelitian,untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap self confidencepeserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Sebagai populasi adalah peserta didikkelas XI SMK Bhakti Praja Talang kabupaten Tegal149, dengan sampel berjumlah 30, yaitu 20% dari jumlah populasi dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling danteknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sedangkan sebagai teknik pengumpulan data pendukungyaitu wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan kolerasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach,seluruh item angket telah valid dan reliabel, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase serta menggunakan pearsonproduct moment.
Hasil perhitungan data penelitian dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dapat diketahui, bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan layanan konseling kelompok terhadap self confidencepeserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, Hal ini dapat dilihat darihasil perhitungan rhitung = 0,638 dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 30 maka diperoleh rtabel = 0,361. Maka, jika rhitung> rtabel yaitu 0,638> 0,361sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dan kontribusi sumbangan yang diberikan layanan konseling kelompok (X) terhadap self confidence (Y) sebesar 40,7% sedangkan faktor-faktor lain yang tidak diteliti sebesar 59,3%.
Saran yang diajukan agar layanan konseling kelompok ditingkatkan lagi dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan self confidence.
01109501171 | IST p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain