Skripsi
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA YANG OTORITER TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua Yang Otoriter, Perkembangan Emosional.
Latar belakang penelitian ini mengenai pola asuh orang tua yang otoriter yaitu pengasuhan anak yang bersifat pemaksaan, keras dan kaku di mana orangtua akan membuat berbagai aturan yang harus dipatuhi oleh anak-anaknya tanpa mau mengetahui perasaan anak sehingga membuat hubungan anak dengan orang tuanya kurang hangat, kaku, keras, semakin otoriter pola asuh orang tua, semakin kurang ketidaktaatan, tetapi semakin banyak timbul ciri-ciri: pasif, kurang inisiatif juga tidak dapat merencanakan sesuatu.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh pola asuh orang tua yang otoriter terhadap perkembangan emosional peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang, kemudian tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua yang otoriter terhadap perkembangan emosional peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang.
Sebagai populasi adalah peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 154 peserta didik yang mengambil 25% jadi sampelnya sebanyak 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster quota random sampling, adapun pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif prosentase dan korelasi menggunakan rumus Pearson Product Moment/PPM.
Hasil perhitungan penelitian diperoleh rhitung = 0,355 dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N= 36, maka diperoleh rtabel = 0,329. Maka, jika rhitung> rtabel 0,355 > 0,329 yaitu “ada pengaruh yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua Yang Otoriter terhadap Perkembangan Emosional Peserta Didik Kelas X SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Penulis mengajukan saran yaitu hendaknya orang tua peserta didik menghindari pola asuh otoriter dalam mendidik anak sepanjang itu memungkinkan, sebaiknya pola asuh orang tua diselingi dengan pola asuh yang demokratis sehingga hubungan keakraban antara orang tua dan anak dapat terjalin dengan baik, anak terbuka pada orang tua, menghargai dan menghormati orang tua.
01109501152 | FAI p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain