Skripsi
PENGGUNAAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF DENGAN TEKNIK ASERTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSIKAP TEGAS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Rasional Emotif dengan teknik asertif, Bersikap Tegas
Permasalahan dari penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kemampuan bersikap tegas peserta didik kelas X SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal? ; 2) Bagaimanakah cara Penggunaan Pendekatan Rasional Emotif dengan Teknik Asertif pada kondisi peserta didik kelas X SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal?; 3) Bagaimanakah peran penggunaan pendekatan rasional emotif dengan teknik asertif dapat meningkatkan kemampuan bersikap tegas pada peserta didik kelas X SMA N 1 Kramat, Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bersikap tegas peserta didik kelas X SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi adalah 288 peserta didik yang terdiri dari 9 kelas dengan sampel yang berjumlah 45 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test.
Dalam uji coba try out dinyatakan bahwa variabel X ada 7 item yang tidak valid dan variabel Y ada 8 item yang tidak valid dengan r tabel 0,294. Variabel X dinyatakan reliabel dengan hasil 0,668 dan variabel Y dinyatakan reliabel dengan hasil 0,765. Dengan hasil analisis data menggunakan rumus t-test dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan rasional emotif dengan teknik asertif berperan dalam meningkatkan kemampuan bersikap tegas pada peserta didik kelas X SMA N 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan prosentase 70% sehingga dalam kategori cukup efektif.
Untuk itu diharapkan peserta didik mampu untuk jauh lebih berani untuk bersikap tegas, tidak hanya bersikap tegas di lingkungan sekolah tetapi juga dalam bergaul agar peserta didik tidak mengalami kesenjangan dan hambatan di masa depan. Diharapkan guru BK dapat menerapkan pendekatan rasional emotif dengan teknik asertif pada peserta didik pada kelas XI dan XII karena penggunaan pendekatan rasional emotif dengan teknik asertif terbukti berperan dalam meningkatkan kemampuan bersikap tegas pada peserta didik.
01109501233 | NIN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain