Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN KONSELING REALITAS TERHADAP PERILAKU BERPACARAN PESERTA DIDIK KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NU 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Konseling Realitas, Perilaku Berpacaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan konseling realitas pada peserta didik di SMK NU 1 Slawi?; 2) Bagaimanakah perilaku berpacaran peserta didik di SMK NU 1 Slawi?; 3) Apakah konseling realitas berpengaruh terhadap perilaku berpacaran peserta didik di SMK NU 1 Slawi?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelaksanaan konseling realitasterhadap perilaku berpacaran peserta didik kelas XI administrasi perkantoran SMK NU 1 Slawi.
Populasi adalah 182 peserta didik yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel yang berjumlah 28 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Dalam uji coba try out 20 dapat dinyatakan valid dengan rtabel 0,355. Variabel x dinyatakan reliabel dengan hasil 0,775 dan variabel y dinyatakan reliabel dengan hasil 0,821. Hasil dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konseling realitas padasampel penelitian dihasilkan prosentase 25%, sehingga masuk kategori sedang. Sedangkan perilaku berpacaran padasampel penelitian dihasilkan prosentase 32,14 % sehingga masuk ketegori baik.Dengan hasil analsis data menggunakan rumus correlation product moment terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Pelaksanaan Konseling Realitas Terhadap Perilaku Berpacaran Peserta Didik Kelas XI SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013yaitu diperoleh angka teoritik sebesar rhitung (0,749) > rtabel (0,491) (TS 1%) dan rhitung (0,749) > rtabel (0,388) (TS 5%).
Untuk itu diharapkan guru pembimbing dapat mempertahankan dan meningkatkan pelaksanaan konseling realitas agar dapat menjadi motivasi peserta didik dalam mengontrol perilaku berpacaran. Untuk itu diharapkan peserta didik lebih memahami dan selalu mengikuti program bimbingan dan konseling dalam upaya menahan dan mengontrol perilaku berpacaran.
Kontribusi yang diberikan pengaruh pendekatan konseling realitas terhadap perilaku berpacaran 56,1% dan faktor-faktor lain yang tidak diteliti 43,9%.
011095010229 | TIT p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain