Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 3 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Perilaku Komunikasi Antar Pribadi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah efektifkah layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perilaku komunikasi antar pribadi peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah 203 peserta didik dengan sampel berjumlah 32 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, dokumentasi dan wawancara, uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus sperman brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Pada pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang dengan hasil rata-rata 64,83%, maka diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok pada peserta didik di SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang yang dijelaskan oleh indikator-indikator dapat memberikan pemahaman bahwa layanan bimbingan kelompok di SMP PGRI 3
Taman Kabupaten Pemalang termasuk baik. Sedangkan variabel perilaku komunikasi antar pribadi pada peserta didik SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang dengan hasil rata-rata 67,30%, maka diambil kesimpulan bahwa perilaku komunikasi antar pribadi peserta didik di SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang yang dijelaskan oleh indikator-indikator dapat memberikan pemahaman bahwa perilaku komunikasi antar pribadi peserta didik di SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang termasuk baik. Dari hasil uji t diperoleh thitung -2,48. Nilai tersebut ternyata diluar daerah penerimaan H0 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan antara bimbingan kelompok dengan perilaku komunikasi antar pribadi.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok sangat efektif dalam meningkatkan perilaku komunikasi antar pribadi peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran
2012/2013. Saran dari penulis hendaknya guru pembimbing atau konselor dapat meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan tugas konselor di sekolah, memberdayakan kegiatan prilaku komunikasi antar pribadi dalam menghadapi kondisi peserta didik yang sudah tidak dapat dipisahkan dari pergaulan di tengah masyarakat dengan berbagai sikap yang ada.
01109501189 | WIN k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain