Skripsi
PERANAN KONSELING AGAMA ISLAM TERHADAP PERUBAHAN NILAI KETAATAN BERAGAMA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci: Konseling Agama, Ketaatan Beragama.
Peranan konseling agama islam terhadap perubahan nilai ketaatan beragama peserta didik. Masalah yang muncul adalah bagaiman perubahan nilai ketaatan beragama peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui ada tidaknya peranan konseling agama islam terhadap perubahan nilai ketaatan beragama peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang yang berjumlah 315, teknik pengambilan sampel secara proporsional random sampling sebanyak 45. Alat pengumpul data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik rumus korelasi Spearman-Brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan korelasi product momen. Hasil uji coba seluruh item valid dan reliabel.
Dari hasil analisis data diperoleh rhitung sebesar 0,806 jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=45 diperoleh harga rtabel sebesar 0,294 maka dapat disimpulkan 0,806>0,294. Sedangkan konstribusinya= rxy2x100% =0,8062x100% =0,649636x100% =64,97% dan faktor-faktor lain yang tidak diselidiki= 100%64,97% =35,03%. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima berarti terdapat peranan yang positif dan signifikan konseling agama islam terhadap perubahan nilai ketaatan beragama peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Pada variabel pelaksanaan konseling agama dalam kategori sangat rendah sebanyak 2 (4,4%), kategori rendah sebanyak 3 (6,7%), kategori cukup sebanyak 11 (24,4%), kategori sedang sebanyak 11 (24,4%), kategori tinggi sebanyak 12 (26,7%), kategori sangat tinggi sebanyak 6 (13,4%), menunjukkan pelaksanaan konseling agama dalam kategori tinggi. Variabel perubahan nilai ketaatan beragama peserta didik dalam kategori sangat rendah sebanyak 1 (2,2%), kategori rendah sebanyak 6 (13,4%), kategori cukup sebanyak 13 (28,9%), kategori sedang sebanyak 11 (24,4%), kategori tinggi sebanyak 11 (24,4%), dan kategori sangat tinggi sebanyak 3 (6,7%). Jadi perubahan nilai ketaatan beragama peserta didik dalam kategori cukup.
Simpulan hasil penelitian ini adalah terdapat peranan yang positif dan signifikan konseling agama islam terhadap perubahan nilai ketaatan beragama peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Saran yang direkomendasikan hendaknya selalu memberikan dukungan dan memperhatikan pendekatan dalam memberikan layanan pada kegiatan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan ketaatan beragama sehingga peserta didik dapat meningkatkan ketaatan beragamanya.
01109501265 | IKB p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain