Skripsi
PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI SMA N 3 KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Studi Deskriptif Analitik pada Peserta Didik Kelas XI)
Kata kunci : Persepsi, peserta didik, pelaksanaan bimbinngan karir.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan karir di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012; 2) Untuk mengetahui minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan karir di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik pada pelaksanaan layanan bimbingan karir di SMA Negeri 3 Brebes tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2011/2012 terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 234 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan proporsional randong sampling. Sampel yang diambil diambil 15% dari seluruh populasi yaitu sebesar 35 siswa. Variabel yang digunakan ada 2, yaitu: variabel bebas adalah layanan bimbingan karir (X), dan variabel terikat adalah persepsi peserta didik pada layanan bimbingan karir (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi dengan wawancara sebagai metode pendukung. Sedangkan teknik analisis data dengan metode analisis deskriptif dan analisis korelasi.
Dengan metode analisis deskriptif dapat diketahui pelaksanaan layanan bimbingan karir di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 tergolong dalam kategori sedang yaitu sebesar 25,71% dan persepsi peserta didik pada pelaksanaan layanan bimbingan karir di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 tergolong dalam kategori sedang yaitu sebesar 22,86%. Dari data tersebut kemudian dihitung dengan analisis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,406 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 35 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,334, maka rxy > rtabel atau 0,406 > 0,334 yang berarti hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh secara signifikan terhadap persepsi peserta didik pada pelaksanaan layanan bimbingan karir di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012” dinyatakan diterima. Adapun kontribusi atau besarnya pengaruh secara signifikan terhadap persepsi peserta didik pada pelaksanaan layanan bimbingan karir adalah 16,48% sedangkan 83,52% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah layanan bimbingan karir yang dilaksanakan dengan baik dapat meningkatkan persepsi peserta didik pada pelaksanaan layanan bimbingan karir. Saran dari kami diharapkan pelaksanaan bimbinngan karir disekolah dapat ditingkatkan agar dapat meningkatkan persepsi peserta didik dalam pelaksanaan layanan bimbingan karir di sekolah.
01108500969 | SET p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain