Skripsi
PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri Se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
MILLATUL FITRIYAH. 2013, “Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri Se-kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012 / 2013)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Drs. Lagiyono, M.Pd, MT. Dra. Eleonora Dwi W, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Fasilitas, Kedisiplinan, Prestasi
Prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Fasilitas belajar dan kedisiplinan belajar merupakan salah satu yang mempengaruhi prestasi belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, 2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, 3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh fasilitas belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013 di SMP N Se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal dengan jumlah 648 siswa yang terbagi dalam 18 kelas yaitu SMP N 1 Kramat dengan jumlah siswa 336 siswa yang terdiri dari 9 kelas dan SMP N 2 Kramat dengan jumlah siswa 312 siswa yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 4 kelas dengan jumlah 141 siswa. Kelas yang diambil adalah kelas VIII B dan VIII C dari SMP 1, serta kelas VIII A dan VIII D dari SMP 2. Instrumen yang digunakan adalah angket fasilitas belajar dan kedisiplinan belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrumen diujikan kepada 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian ini dapat peneliti sajikan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, 2) Ada pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, 3) Ada pengaruh fasilitas belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, 4) Fasilitas belajar yang baik dan disertai kedisiplinan belajar yang tinggi dapat mengakibatkan prestasi belajar matematikanya cenderung lebih baik.
17095011610 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain