Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAPPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTADIDIKKELAS VII SMP N 3 BELIK KABUPATENPEMALANGTAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual, motivasi belajar
Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik tidak serta merta berasal dari peserta didik itu sendiri. Bisa juga dikarenakan faktor dari luar, misalnya faktor guru, sarana prasarana sekolah, metode pembelajaran, dan lain-lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas X TKR SMK PGRI 3 Randudongkal, Kabupaten Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah non eksperimen. Variabel penelitian ini adalah layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual (variabel X) dan motivasi belajar (variabel Y). Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X TKR SMK PGRI 3 Randudongkal, Kabupaten Pemalang yaitu sebanyak 144 peserta didik, kemudian sampel yang digunakan berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster quota random sampling, dimana peneliti mengambil 20% dari jumlah peserta didik masing-masing kelas X TKR SMK PGRI 3 Randudongkal.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif prosentase dan korelasionalproduct moment.
Dari hasil analisis data angket peserta didik, diperoleh data mengenai pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual yang digolongkan dalam kategori baik (50%). Kemudian motivasi belajar peserta didik juga digolongkan dalam kategori baik (50%). Selanjutnya, dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh rtabel dengan N = 30, taraf signifikansi 5% sebesar 0,361. Kemudian hasil rhitung diperoleh sebesar 0,616. Dengan demikian, maka rhitung lebih besar dari rtabel (0,616 > 0,361) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual berperan terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas X TKR SMK PGRI 3 Randudongkal, Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013.
Saran dalam penelitian ini adalah Konselor dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis audio visual sebagai media penunjang dalam memberikan layanan bimbingan, Mengembangkan metode layanan bimbingan, khususnya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
01109501201 | BAS p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain