Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING TEMAN SEBAYA DALAM MENGUBAH PERILAKU YANG IRASIONAL MENJADI RASIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK BARUNA SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Konseling Teman Sebaya, Prilaku yang irasional menjad irasional.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah layanan Konseling Teman Sebaya Dalam Mengubah Prilaku yang Irasional Menjadi Rasional Pada Peserta Didik Kelas X SMK Baruna Slawi Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2012 – 2013? Tujuan penelitian adalah, ingin mengetahui keefektifan konseling teman sebaya dalam merubah perilaku irasional menjadi rasional pada peserta didik kelas X SMK Baruna Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 107 peserta didik kelas X SMK Baruna Slawi Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2012 – 2013, dengan sampel berjumlah 20 peserta didik yang didapat dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji Validitas dalam penelitian ini mengunakan kolerasi Product Moment dan Uji Realiabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan Deskripsi persentase dan Kolerasi Product Moment.
Dari hasil analisis data yang diperoleh dapat diketahui bahwa terdapat kolerasi yang signifikan antara Layanan konseling Teman Sebaya dengan Prilaku yang Irasional menjadi Rasional Peserta Didik Kelas X SMK Baruna Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012 – 2013. Hal ini dapat dilihat dari analisis data nilai rhitung= 0,666, rtabel= 0,444 dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa nilai rhitung> r table yaitu 0,666> 0,444 yang artinya, ada hubungan antara layanan konseling teman sebaya dalam mengubah prilaku yang irasional menjadi rasional pada pesaerta didik kelas X SMK Baruna Sawi Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2012/2013.
Saran yang di harapkan Layanan konseling teman sebaya sebaikmya bukan hanya untuk mengubah perilaku peserta didik, namun juga dapat untuk menangani masalah tentang kesulitan belajar peserta didik.
01109501324 | IWA k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain