Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN HP TERHADAP TINGKAT KELANCARAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Penggunaan HP, Tingkat Kelancaran Belajar
Handphone sekarang tidak hanya digunakan oleh para guru melainkan peserta didik di sekolah, bahkan sebagian besar sudah dapat mengoperasikan. Pada awalnya hanya sekedar digunakan sebagai telpon dan SMS, namun jika digunakan secara terus menerus untuk berbagi keperluan di atas akan menjadi masalah dalam kelancaran belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penggunaan HP oleh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 ketika di kelas? 2) pada tingkat apa kelancaran belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013? 3) Apakah ada pengaruh penggunaan HP terhadap tingkat kelancaran belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)handphone digunakan oleh peserta didik ketika di kelas. 2) kriteria tingkat kelancaran proses belajar. 3) ada tidaknya pengaruh penggunaan HP terhadap tingkat kelancaran belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 107 peserta didik. sampel diambil peserta didik yang menggunakan handphone di sekolah sebanyak 25 peserta didik Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan deskriptif persentase.
Dari hasil analisis diketahui bahwa tingkat penggunaan handphone pada peserta didik Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah dalam kriteria baik, sedangkan tingkat kelancaran belajar pada peserta didik Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah dalam kriteria tinggi. Hasil perhitungan r hitung = 0,645 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 25 maka diperoleh r tabel = 0,396. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,645 > 0,396. Dengan demkian Ha diterima yang menyatakan “Ada pengaruh yang signifikan penggunaan HP terhadap tingkat kelancaran belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Saran yang dapat disampaikan adalah pengaruh penggunaan handphone terhadap kelancaran belajar sangat besar, jadi gunakanlah handphone sebaik-baiknya terutama untuk menunjang proses belajar mengajar.
01109501386 | DEV p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain