Skripsi
PENGARUH PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM UPAYA MEMINIMALISIR KEKERASAN PADAPESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN OTOMOTIF SMK DINAMIKAKOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN2012 / 2013
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, kekerasan.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan bimbingan kelompok yang belum maksimal dan kekerasan pada peserta didik yang masih terjadi sehingga rumusan masalahnya adalah upaya meminimalisir kekerasan yang dilakukan peserta didik dengan melaksanakan layanan bimbingan kelompok, dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik, untuk memahami secara mendalam masalah dan bentuk-bentuk kekerasan yang dilakukan peserta didik, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pelaksanaanlayanan bimbingan kelompok dalam upaya meminimalisir kekerasan yang terjadi pada peserta didik kelas X jurusan Otomotif SMK Dinamika Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012 / 2013.
Untuk mengungkap berbagai data, maka didukung teori-teori bimbingan kelompok, kekerasan, pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok dalam upaya meminimalisir kekerasan. Adapun Hipotesis kerja penelitian ini adalah “Ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompokdalam upaya meminimalisir kekerasan pada peserta didik kelas X Jurusan Otomotif SMK Dinamika Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012 / 2013”, dan Hipotesis Nihilnya adalah “Tidak ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam upaya meminimalisir kekerasan pada peserta didik kelas X Jurusan Otomotif SMK Dinamika Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012 / 2013”
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif sedangkan sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jurusan Otomotif dan Guru SMK Dinamika Kota Tegal, data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif prosentase dan product moment.
Hasil analisis menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok pada peserta didik adalah dalam kriteria baik, sedangkan upaya meminimalisir kekerasan dalam kriteria sangat tinggi. Adapun pelaksanaan layanan bimbingan kelompokdapat meminimalisirkekerasan pada peserta didik kelas X Jurusan Otomotif SMK Dinamika Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Sehingga saran yang penulis ajukan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok perlu dikembangkan dan ditingkatkan lagi agar dapat meminimalisir kekerasan pada peserta didik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah, seperti budaya arogan senior terhadap juniornya.
01109501163 | MAR p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain