Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS GENDER TERHADAP MASALAH KEKERASAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN PEKALONGANTAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Kata Kunci : bimbingan kelompok berbasis gender, masalah kekerasan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bimbingan kelompok berbasis gender dan masalah kekerasan, rumusan masalahnya adalah sebagian besar peserta didik belum memahami apa itu gender dan masih adanya kekerasan, dan dengan tujuan untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok berbasis gender pada peserta didik, untuk mengetahui penanganan masalah kekerasan pada peserta didik, untuk mengetahui ada tidaknya peran layanan bimbingan kelompok berbasis gender terhadap masalah kekerasan pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah 267 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013 dan Sampel penelitian adalah 40 peserta didik dari 15% x 267 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Deskriptif Prosentase dan Product Moment. Angket telah diuji coba dan ternyata telah valid dan reliabel. Berdasarkan dari analisis data diperoleh rhitung sebesar 0,497 dikonsultasikan dengan taraf signifikan 5%, N=40 maka diperoleh rtabel sebesar 0,304. Dengan demikian rhitung > rtabel atau 0,497>0,304. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis alternatife diterima dan hipotesis nihil ditolak.
Hasil penelitian menunjukkan : peran layanan bimbingan kelompok berbasis gender terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013 mempunyai kategorisangat baik danmasalah kekerasan pada peserta didikkelas XI SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013 mempunyai kategoricukup, ada peran layanan bimbingan kelompok berbasis gender terhadap masalah kekerasan pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Sehingga saran yang penulis ajukan : layanan bimbingan kelompok berbasis gender di sekolah harus dipertahankan untuk mencapai hasil maksimal, pihak sekolah terutama guru pembimbing harus ditingkatkan dalam penanganannya supaya tidak ada lagi masalah kekerasan yang dialami peserta didik, dan pihak sekolah terutama guru pembimbing harus lebih memperhatikan dan meningkatkan lagi layanan bimbingan kelompok berbasis gender terhadap masalah kekerasan pada peserta didik agar mencapai hasil yang lebih baik.
01109501205 | DWI p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain