Skripsi
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Bimbingan pribadi sosial, kemampuan komunikasi
Rumusan masalah penelitian (1) bagaimanakah bimbingan pribadi sosial peserta didik, (2) bagaimanakah kemampuan komunikasi peserta didik, (3) bagaimanakah efektifitas bimbingan pribadi sosial terhadap kemampuan komunikasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan bimbingan pribadi sosial peserta didik (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi peserta didik, (3) mendeskripsikan efktivitas bimbingan pribadi sosial terhadap kemampuan komunikasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Uji prasyarat penelitian menggunakan validitas product moment dan reliabilitas alpha cronbach. Jumlah populasi 360 responden, sampel 177 responden. Analisis data menggunakan persentase, korelasi, dan uji t.
Hasil penelitian Dari 177 peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Petarukan Pemalang yang mengisi angket bimbingan pribadi sosial, (a) ada 2 atau 1,13% peserta didik memiliki respon dengan kategori rendah. (b) 25 (14,12%) memiliki respon katagori sedang. (c) 73 (41,24%) responden memiliki respon katagori Cukup. (d) 74 (41,87%) responden memiliki respon katagori Tinggi dan (e) 3 (1,69%) memiliki respon terhadap bimbingaan pribadi sosial dengan katagori Sangat Tinggi. Dari 177 peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Petarukan Pemalang sebagai responden yang mengisi angket kemampuan komunikasi (a) ada 2 (1,13%) peserta didik memiliki respon terhadap kemampuan komunikasi dengan kategori rendah. (b) 27 (15,25%) peserta didik katagori sedang. (c) 69 (38,98%) responden katagori Cukup. (d) 73 (41,24%) responden katagori Tinggi. (e) 6 (3,39%) responden (peserta didik) katagori Sangat Tinggi.
Hasil rhitung = 0,675 terletak diantara interval koefisien 0,600–0,799 yang berarti bahwa hubungan bimbingan pribadi sosial dengan kemampuan komunikasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Petarukan Pemalang adalah positif dan kuat. Uji t (t hitung ) = 12,091 dengan N=175 taraf kebebasan (α) 0,05% = 1,980. Karena thitung > ttabel yaitu 12,091 > 1,980 maka hubungan bimbingan pribadi sosial dengan kemampuan komunikasi peserta didik efektif.
Guru Bimbingan di SMA Negeri 1 Petarukan Pemalang perlu merespon masalah pribadi sosial peserta didik, agar peserta didik mampu menyesuaikan diri, dan mampu menghadapi konflik dan melakukan pergaulan yang positip.
01110500220 | ANI k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain