Skripsi
HUBUNGAN ANTARA PENGARUH TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 15 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Kata Kunci : pengaruh teman sebaya, kepercayaan diri
Penelitian ini menelusuri mengenai pengaruh teman sebaya dalam pergaulan di sekolah dan kepercayaan diri yang ada pada peserta didik serta hubungan pengaruh teman sebaya dan kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengaruh teman sebaya dengan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tegal tahun pelajaran 2012/2013.
Sebagai populasi adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tegal tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 255 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Quota Random Sampling sebesar 15% dari jumlah populasi, dan diperoleh sampel sebanyak 40 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson dan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengaruh teman sebaya pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tegal tahun pelajatan 2012/2013 dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase tingkat pengaruh teman sebaya yang diperoleh dalam kategori sangat tinggi sebesar 13%, rendah sebesar 32%, kurang sebesar 15%, cukup sebasar 18%, dan tinggi sebesar 22%. Sedangkan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tegal tahun pelajaran 2012/2013 dilihar dari hasil distribusi frekuensi prosentase kepercayaan diri yang diperoleh dalam kategori sangat rendah sebesar 25%, rendah sebesar 10%, kurang sebesar 22%, cukup sebesar 13%, dan tinggi sebesar 30%. Pembahasan hasil yang diperoleh ternyata lebih besar dari angka dalam tabel yaitu rhitung sebesar 0,902, sedangkan diketahui r tabel pada taraf signifikan 5% dengan n = 40 diperoleh sebesar 0,312. Dari perhitungan rhitung > r tabel (0,902 > 0,312), maka ada hubungan yang signifikan atara pengaruh teman sebaya dengan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tegal tahun pelajaran 2012/2013.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah memantau segala pergaulan peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami oleh peserta didik termasuk permasalahan dalam kepercayaan diri. Layanan bimbingan konseling dapat dijadikan indikator bagi peserta didik dalam memperbaiki kepercayaan dirinya.
01110500219 | ANI h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain