Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK - PAIR - SHARE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER YANG BERJIWA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Studi Penelitian di Kelas X Semester II SMA N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2012/2013)
Zaman, Khoerus.2013. “Keefektifan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Berbasis Pendidikan Karakter yang Berjiwa Sosial terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal (Studi Penelitian di Kelas X Semester II SMA N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2012/2013)” . Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani , M.Si.
Pembimbing II Prof. Dr. Tri Jaka Kartana, M.Si.
Kata Kunci : Keefektifan Model Pembelajaran TPS, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan awal
Penelitian ini berbentuk eksperimen yaitu mengajar dengan model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis pendidikan karakter yang berjiwa sosial pada peserta didik kelas X semester 2 tahun 2012/2013 SMA N 1 Bojong Kabupaten Tegal pada materi ruang dimensi tiga terhadap prestasi belajar matematika yang bertujuan untuk menganalisa : (1) Adanya perbedaan pembelajaran TPS dengan pembelajaran konvensional, (2) Keefektifan pembelajaran TPS dengan pembelajaran konvensional berkemampuan awal tinggi, (3) Keefektifan pembelajaran TPS dengan pembelajaran konvensional berkemampuan awal rendah.
Populasi penelitian ini adalah kelas X Semester II SMA N 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah 238 peserta didik yang terbagi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling, Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen tes diuji cobakan pada 30 peserta didik. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t, karena hipotesis yang diuji ada tiga maka uji-t yang pertama adalah uji-t dua pihak, sedang untuk hipotesis kedua dan ketiga digunakan uji-t pihak kanan pada kelompok kemampuan awal tinggi dan rendah.
Hasil penelitian di hipotesis disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi peserta didik yang diajar dengan pembelajaran TPS dengan pembelajaran Konvensional, (2) Adanya keefektifan pembelajaran TPS dengan pembelajaran konvensional berkemampuan awal tinggi, (3) Adanya keefektifan pembelajaran TPS dengan pembelajaran konvensional berkemampuan awal rendah.
1709501237 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain