Skripsi
PENGARUH INTELLEGENCE QUOTIENT (IQ) DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA N se Kecamatan Warureja Tahun Ajaran 2012/2013)
CHAELUDIN, ACHMAD. 2013. “Pengaruh Intellegence Quotient (IQ) dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA N se Kecamatan Warureja Tahun Ajaran 2012/2013)”. Skripsi Pendidikan Matematika. Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd., A. Nina Rosana C., M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : IQ, minat, dan prestasi belajar matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi (1) apakah ada pengaruh IQ terhadap prestasi belajar matematika, (2) apakah ada pengaruh minat terhadap prestasi belajar matematika, (3) apakah ada pengaruh IQ dan minat terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Warureja Tegal tahun ajaran 2012/2013. Jumlah anggota populasi sebanyak 120 peserta didik. Dari 120 tersebut diambil sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel diambil sebanyak 3 kelas yang terdiri atas 31 peserta didik kelas X-2, 30 peserta didik kelas X-3 dan 29 peserta didik kelas X-4. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data intellegence quotient, minat dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh intelligence quotient terhadap prestasi belajar matematika sebesar 85%; (2) ada pengaruh minat terhadap prestasi belajar matematika sebesar 76,22%; (3) ada intelligence quotient dan minat terhadap prestasi belajar matematika sebesar 7,31%.
17065008700 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain