Skripsi
PENGARUH KONSELING AGAMA ISLAM BERPENDEKATAN RATIONAL EMOTIF DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN EMOSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NU 01 WAHID HASYIM TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Konseling Agama Islam Berpendekatan Rational Emotif, Kematangan Emosi.
Konseling agama Islam berpendekatan rational emotif sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kematangan emosi. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh konseling agama Islam berpendekatan rational emotif pada peserta didik kelas XI SMA NU 01 Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tahun Pelajaran 2012/2013, bagaimana Meningkatkan Kematangan Emosi peserta didik kelas XI di SMA NU 01 Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui : 1). Untuk mengetahui kondisi kematangan emosi peserta didik kelas XI SMA NU 01 Wahid Hasyim Talang Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 2). Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan konseling agama Islam berpendekatan rational emotif pada kelas XI SMA NU 01 Wahid Hasyim Talang Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 3). Untuk mengetahui pengaruh konseling agama Islam berpendekatan rational emotif dalam meningkatan kematangan emosi peserta didik pada kelas XI SMA NU 01 Wahid Hasyim Talang Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA NU 01 Wahid Hasyim Talang Tahun Pelajaran 2012/2013., yang berjumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan interview. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus spearman brown. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,965 jika dibanding dengan pada taraf signifikan 5% dengan N = 23 diperoleh harga r tabel sebesar 0,314, maka dapat disimpulkan rxy > artinya ada pengaruh konseling agama Islam berpendekatan rational emotif dalam meningkatkan kematangan emosi pada peserta didik kelas XI SMA NU 01 Wahid Hasyim tahun pelajaran 2012/2013. Peserta didik secara umum dapat dikatakan tinggi karena dilihat dari analisis menunjukan kategori tinggi sebanyak 7 peserta didik 30,43% untuk Konseling agama berpendekatan rational emotif dan kategori sangat tinggi sebanyak 6 peserta didik 26,09% untuk kematangan emosi.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh konseling agama Islam berpendekatan rational emotif dalam meningkatkan kematangan emosi pada peserta didik kelas XI SMA NU 01 Wahid Hasyim tahun pelajaran 2012/2013.
01109501194 | AGI p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain