Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGURANGI TINGKAT KEJENUHAN (BURNOUT) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 01 PANTIANOM KEC. BOJONG KAB. PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok dan Tingkat Kejenuhan
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok, Bagaimana tingkat kejenuhan pada peserta didik, Sejauh mana keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi tingkat kejenuhan (burnout) pada peserta didik kelas V SD Negeri 01 Pantianom Kec. Bojong Kab. Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok, Untuk mengetahui tingkat kejenuhan peserta didik, Untuk mengetahui efektif tidaknya layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi tingkat kejenuhan (burnout) pada peserta didik kelas V SD Negeri 01 Pantianom Kec. Bojong Kab. Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 01 Pantianom Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 8 peserta didik. Jumlah sampel 8 peserta didik dan bersifat populasi studi karena penulis mengambil seluruh populasi. Variabel penelitian adalah bimbingan kelompok (variabel bebas) dan kejenuhan peserta didik (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi.uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown. Teknik analisis data menggunakan kolerasi Product Moment dan deskriptif prosentase.
Bimbingan Kelompok pada peserta didik dikategorikan “Rendah”, sebanyak 4 peserta didik (50 %) sementara tingkat kejenuhan peserta didik dikategorikan “Tinggi”, sebanyak 5 peserta didik (62,5%). Berdasarkan hasil analisis data diatas, diperoleh nilai r_xy= 0,742 hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 8, ternyata nilai r_xy lebih besar dari rtabel yaitu 0,742>0,707. Dengan analisa data tersebut, maka dalam penelitian ini disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan antara efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi tingkat kejenuhan pada peserta didik kelas V SD N 01 Pantianom”.
Saran bagi peserta didik dapat menggunakan waktu bimbingan dengan sebaik-baiknya, bagi orang tua diharapkan untuk selalu melakukan pengawasan pada putra-putrinya, dan bagi sekolah tetap memberikan pengawasan kepada peserta didik dalam pelaksanaan pembimbingan.
01109501224 | SRI e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain