Skripsi
STUDI KASUS TERHADAP KEFEKTIFAN KONSELING INDIVIDUAL PADA PENGENTASAN MASALAH BROKEN HOME PESERTA DIDIK SMP NEGERI 01 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Konseling Individual, Broken Home
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah 1) bentuk permasalahan Broken Home pada peserta didik SMP Negeri 01 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) model pelaksanaan konseling individual dalam Pengantasan Masalah Broken Home peserta didik SMP Negeri 01 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013? 3) efektifitas layanan konseling individual terhadap Pengantasan Masalah Broken Home pada peserta didik SMP Negeri 01 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) bentuk permasalahan Broken Home pada peserta didik SMP Negeri 01 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) model pelaksanaan konseling individual dalam Pengentasan Masalah Broken Home peserta didik SMP Negeri 01 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) efektifitas layanan konseling individual terhadap Pengentasan Masalah Broken Home pada peserta didik SMP Negeri 01 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini merupakan penelitian kasus sifatnya deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik yang mengalami permasalahan broken home pada peserta didik SMP Negeri 01 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013sebanyak 4 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan identifikasi, diagnosis, prognosis, terapi dan pemberian bantuan, follow up.
Bentuk permasalahan Broken Home adalah sering berkelahi dengan teman, minum-minuman keras, berperilaku tidak sopan, sering menyandiri. Model pelaksanaan konseling individual dalam Pengentasan Masalah adalah konseling individual dengan dipadukan layanan bimbingan pribadi dengan langkah-langkah identifikasi, diagnosis, prognosis, terapi atau pemberian bantuan, dan tindak lanjut atau follow up. Efektivitas layanan konseling individual terhadap Pengentasan Masalah Broken Home dilihat dari kondisi pra layanan konseling individual semua peserta didik dalam keadaan buruk dan pada pasca layanan konseling individual dalam kondisi baik. Dengan demikian maka konseling individual dikatakan efektif.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah permasalahan broken home yang berdampak pada perubahan sikap peserta didik yang buruk harus ditangani semaksimal mungkin dan solusi yang tepat sehingga peserta didik tidak terjerumus kepada tindakan kriminal.
01109501249 | DED s | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain