Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN SOSIALTERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DIDEPAN PUBLIK (PUBLIC SPEAKING) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Sosial dan Komunikasi didepan Publik (Public Speaking).
Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi, seperti miasalnya dalam kegiatan belajar mengajar. Banyak dari mereka yang enggan mengungkap ketidakpahamannya maupun berpendapat. Padahal dalam pembelajaran akan lebih efektif apabila ada timbal balik antara peserta didik dengan seorang guru. Komunikasi merupakan salah satu unsur terpenting kehidupan, dengan komunikasilah seseorang akan lebih mudah dalam memasuki sendi kehidupan.
Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kemampuan berkomunikasi didepan publik (public speaking) peserta didik sebelum diberikan layanan?; 2) Bagaimana kemampuan berkomunikasi didepan publik (public speaking) peserta didik setelah diberikan layanan ?; 3) Bagaimana keefektifan layanan bimbingan sosial terhadap kemampuan berkomunikasi di depan publik (public speaking) pada peserta didik ?. oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan sosial pada peserta didik; 2) Untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi di depan publik (public speaking) pada peserta didik; 3) Untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan sosial terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2012/2013 yang keseluruhannya berjumlah 180 anak yang tgerdiri atas 5 kelas. Data diperoleh dengan metode angket, sedangkan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk teknik analisa data menggunakan rumus uji t- test.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pelayanan bimbingan sosial dengan komunikasi didepan publik (publik speaking) pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini bisa dibuktikan dari hasil perhitungan analisis statistik diperoleh hasilnya adalah thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% atau 5,838 > 2,034 . Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan terbukti atau dapat diterima dan signifikan.
Saran dalam penelitian ini perlu ditingkatkannya pelayanan bimbingan sosial, perlu dipertahankannya potensi kemampuan komunikasi peserta didik serta perlu dipertahankannya keefaktifan layanan bimbingan sosial terhadap kemampuan komunikasi didepan publik bahkan perlu ditingkatkan lagi.
01109501275 | LUT k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain