Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED-INSTRUCTION TERHADAP PRESTASI BELAJARMATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGITIGA DAN SEGI EMPAT (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II MTS NU Wahid Hasyim Talang Tahun Ajaran 2012/2013)
KOSIM,AKHMAD.2013.Keefektifan Model pembelajaranPBIterhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Tiga dan Segi Empatpada Peserta Didik Kelas VII semester II MTS NU Wahid Hasyim Talang. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PancasaktiTegal.
Pembimbing I. A. Nina Rosana C.,M.Si
Pembimbing II. Prof.Dr.H. Trijaka Kartana,M.Si
Kata Kunci: Model pbi, Prestasi belajar, Motivasi belajar
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model PROBLEM BASED-INSTRUCTION (PBI) terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika pokok bahasan Bangun DatarSegi Tiga dan Segi Empat pada Peserta Didik Kelas VII semester II MTS NU Wahid Hasyim Talang tahun pelajaran 2012/2013.
Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket,metode tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pesertadidik kelas Kelas VII semester II MTSNU Wahid HasyimTalang. KabupatenTegal dengan jumlah populasi 281 peserta didik yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIIC dan VIIE sebagai kelas eksperimen danVIIB dan VIID sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji analisis ragam multivariate (One-way Manova) dan dilanjutkan dengan uji (T2-HOTELLING) sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata tes prestasi belajar kelas eksperimen 71,2 dan rata-rata motivasinya 62,76 sebesar 25%.nilai rata-rata tes prestasi belajar kelas kontrol 64, 37 dan rata-rata motivasinya 60,51 sebesar 25% ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBI lebih efektif jika dibandingkan denganmodel pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika
1709501180 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain