Skripsi
PERANAN LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP KESIAPAN MENGHADAPI PELUANG KERJA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK ISLAMIYAH ADIWERNA KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Layanan Informasi Karir dan Kesiapan Menghadapi Peluang Kerja
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Adakah peranan layanan informasi karir terhadap kesiapan menghadapi peluang kerja pada peserta didik kelas XI SMK Islamiyah Adiwerna Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peranan layanan informasi karir terhadap kesiapan menghadapi peluang kerja pada peserta didik kelas XI SMK Islamiyah Adiwerna Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 389 peserta didik, sampel penelitian 10%. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK Islamiyah Adiwerna Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 40 peserta didik. Variabel penelitian adalah peranan layanan informasi karir dan kesiapan menghadapi peluang kerja. Kedua variabel menggunakan alat pengumpul data berupa wawancara, dokumentasi, dan angket. Uji validitas item penelitian menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil uji coba kedua variabel seluruhnya valid, karena rxy > rtab, N40 = 0,312. Sedangkan uji coba reliabilitas menggunakan rumus spearman brown, maka hasil uji coba reliabilitas variabel X “peranan layanan informasi karir” 0,807 > 0,312 untuk 5%. Dan hasil uji coba reliabilitas variabel Y “kesiapan menghadapi peluang kerja” 0,894 > 0,312 untuk 5%.
Dari hasil analisis deskrptif disimpulkan bahwa peranan layanan informasi karir dinilai cukup tinggi dalam pencapaian prosentase sebesar 50%. Hasil analisis deskriptif kesiapan menghadapi peluang kerja dinilai kurang dalam pencapaian prosentase 27,5%.
Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai 0,793 maka nilai rxy > rtab yaitu 0,793 > 0,312. Dengan analisa data tersebut, ini berarti Hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “tidak ada peranan layanan informasi karir terhadap kesiapan menghadapi peluang kerja pada peserta didik kelas XI SMK Islamiyah Adiwerna Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013”, dinyatakan ditolak dan sebaliknya Hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “ada peranan layanan informasi karir terhadap kesiapan menghadapi peluang kerja pada peserta didik kelas XI SMK Islamiyah Adiwerna Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013”, dinyatakan diterima.
Untuk saran diharapkan agar pemberian layanan informasi karir perlu ditingkatkan, sehingga kesiapan menghadapi peluang kerja peserta didik juga dapat meningkat.
11095012400 | ARD p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain