Skripsi
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETRAMPILAN BERBICARA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI JATILAWANG 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : kecerdasan emosi, ketrampilan berbicara
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kenyataan di lapangan bahwa kebanyakan peserta didik kurang mempunyai ketrampilan berbicara terutama dalam hal mengeluarkan pendapat atau berbicara di depan kelas.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Adakah hubunganantarakecerdasanemosidenganketrampilanberbicarapadapesertadidikkelas V SD NegeriJatilawang 01 KecamatanKramatKabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013”. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui ada tidaknyakorelasiantarakecerdasanemosidenganketrampilanberbicarasertabagaimanakondisikecerdasanemosidankondisiketrampilanberbicarapadapesertadidikkelas V SD NegeriJatilawang 01 KecamatanKramatKabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Jatilawang 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Cluster Quota Non-Random Sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan data penelitian adalah dengan menggunakan angket yang didukung dengan metode wawancara dan observasi.
Analisis data yang digunakan yaitu dengan Deskripsi Prosentase dan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kondisi kecerdasan emosi peserta didik kelas V SD Negeri Jatilawang 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah dalam kriteria tinggi sebesar 36 %, (2) kondisi ketrampilan berbicara peserta didik kelas V SD Negeri Jatilawang 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah dalam kriteria cukup sebesar 32 %, (3) Ada korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan ketrampilan berbicara pada peserta didik kelas V SD Negeri Jatilawang 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan koefisien korelasi sebesar 0,982.
Saran yang direkomendasikan penulis, guru,kepala sekolah dan orang tua hendaknya selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui perkembangan maupun hambatan yang dialami peserta didik khususnya dalam hal pengungkapan pendapat di dalam kelas, bagi peserta didik diharapkan bisa memaksimalkan kondisi kecerdasan emosinya, karena dengan adanya kondisi kecerdasan emosi yang maksimal diharapkan mampu meningkatkan kondisi ketrampilan berbicara peserta didik tersebut.
11105002520 | ANT h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain