Skripsi
PENGARUH KONSELING INDIVIDU BERPENDEKATAN GESTALT TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: pengaruh, konseling individu, pendekatan gestalt, dan perkembangan emosi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan layanan konseling individu berpendekatan gestalt yang belum maksimal dan tingkat emosi peserta didik yang masih labil. Sehingga banyak peserta didik yang kurang mengontrol emosinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konseling individu berpendekatan gestalt terhadap perkembangan emosi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian sebanyak 114 peserta didik, sampel diambil 25% dari populasi sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan guna menjawab hipotesis, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan layanan konseling individu berpendekatan gestalt tergolong dalam kategori tinggi, dari 30 peserta didik yang menjadi sampel paling banyak mendapat skor 83-90 sebanyak 13 responden (43,33%). Sedangkan perkembangan emosi peserta didik tergolong dalam kategori tinggi, dari 30 peserta didik yang menjadi sampel paling banyak mendapat skor 72-83 sebanyak 17 responden (56,67%). Hasil penelitian juga menunjukan instrument yang di gunakan dinyatakan valid dan reliabel. Terbukti dari hasil uji coba yang menghasilkan rhitung > rtabel. Dari data tersebut kemudian dianalisis dengan korelasi product moment diperoleh rxy = 0,605, dengan n = 30 pada taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,361, maka rxy > rtabel atau 0,605 > 0,361 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima. Kontribusi atau besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar (0,605)² x 100% = 36,61% sedangkan 63,39% dipengaruhi faktor lain yang tidak penulis teliti.
Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan konseling individual berpendekatan gestalt terhadap perkembangan emosi peserta didik di SMA Negeri 1 Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran dari penulis diharapkan sekolah dapat selalu mengevaluasi pelaksanaan konseling individu berpendekatan gestalt guna menjadikan pribadi peserta didik yang lebih baik tentunya dapat mengelola emosi dengan baik.
11095013290 | MUN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain