Skripsi
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK TUNA WICARA SMPLB NEGERI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : pola asuh orang tua, kepercayaan diri
Penelitian ini dilatar belakangi olehpola asuh orang tua dalam membantu mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tuna wicara.Rumusan masalahnya adalah terdapat beberapa peserta didik tuna wicara yang mengalami kurang percaya diri dalam mengembangkan diri berkaitan dengan pola asuh orang tua yang belum sebagaimana yang diharapkan, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pola asuh orang tua yang diterapkan pada peserta didik tuna wicara, mengukur tingkat kepercayaan diri peserta didik tuna wicara, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri peserta didik tuna wicara di SMPLB Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Untuk mengungkap berbagai data, maka didukung teori-teori pola asuh orang tua, kepercayaan diri, teori tentang peserta didik tuna wicara. Hipotesis yang dirumuskan adalah Hipotesis Kerja (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri peserta didik tuna wicara SMPLB Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013” dan Hipotesis Nihil (Ho) “Tidak ada pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri peserta didik tuna wicara SMPLB Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik tuna wicara SMPLB Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Deskriptif Prosentase dan Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan :pola asuh orang tua peserta didik tuna wicara SMPLB Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/ 2013dalam kategori sangat baik, kepercayaan diri yang dimiliki peserta didik tuna wicaraSMPLB Negeri Kota Tegal tahun pelajaran 2012/ 2013 dalam kategori tinggi, ada pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri peserta didik tuna wicara SMPLB Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Sedangkan saran yang penulis ajukanadalah orang tua diharapkan meningkatkan bimbingan pada peserta didik tuna wicara untuk membentuk kepercayaan diri yang lebih baik dengan lebih memantau perkembangan peserta didik dan mengerti akan kebutuhannya.
11095012810 | NIK p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain