Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Kebiasaan Belajar
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena kebiasaan belajar peserta didik yang belum optimal di kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tegal. Kemudian fenomena tersebut dikaitkan dengan layanan bimbingan belajar yang dikembangkan disana untuk diteliti pengaruhnya.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bimbingan belajar peserta didik, bagaimana kebiasaan belajar peserta didik, dan apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan belajar terhadap kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tegal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan belajar, untuk mengetahui tingkat kebiasaan belajar, untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap kebiasaan belajar dan terdapat atau tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan belajar terhadap kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tegal.
Populasi penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 167 peserta didik, sampel 34 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan random sampling atau teknik acak. Variabel penelitian adalah bimbingan belajar (variabel bebas) dan kebiasaan belajar (variabel terikat). Alat pengumpulan data berupa angket, observasi, dokumentasi. Uji validitas item penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha dari Cronbach. Teknik analisis data menggunakan product moment dan rumus deskriptif prosentase.
Dari hasil analisis diperoleh hasil rhitung (korelasi rxy) sebesar 0,871 yang dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 34 taraf signifikan 5% yaitu 0,339 sehingga rhitung > rtabel (0,871 > 0,339). Maka dapat disimpulkan rhitung > rtabel artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan belajar terhadap kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 berarti Ha (Hipotesis Kerja) diterima.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian diantaranya guru hendaknya mencermati kebiasaan belajar peserta didik dikelas sehingga peserta didik tidak gurau saat bimbingan belajar berlangsung, peserta didik hendaknya menumbuhkan kebiasaan belajarnya dan mengikuti bimbingan belajar disekolah dengan lebih baik lagi, serta tidak berbicara sendiri saat guru menerangkan atau mengajar.
11095013170 | CHE p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain