Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI DENGAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERHADAP KENAKALAN REMAJA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK BHAKTI PRAJA ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi, Pendekatan Rasional Emotif, Kenakalan Remaja
Masa remaja awal merupakan masa transisi, pada masa transisi tersebut kemungkinan dapat menimbulkan masa krisis, yang ditandai dengan kecenderungan munculnya perilaku menyimpang. Pada kondisi tertentu perilaku menyimpang tersebut akan menjadi perilaku yang mengganggu yang biasanya disebut dengan kenakalan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan bimbingan pribadi dengan pendekatan rasional emotif pada peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) tingkat kenakalan remaja pada peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan pribadi dengan pendekatan rasional emotif terhadap kenakalan remaja pada peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 63 peserta didik. sampel diambil peserta didik yang bermasalah di sekolah mengenai kenakalan remaja sebanyak 22 peserta didik Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan deskriptif persentase.
Dari hasil analisis diketahui pelaksanaan bimbingan pribadi dengan pendekatan rasional Emotif peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Adiwerna tahun pelajaran 2012/2013 dalam kategori baik. Sedangkan Kenakalan remaja pada peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Adiwerna tahun pelajaran 2012/2013 dalam kategori rendah. Pengaruh bimbingan pribadi dengan pendekatan rasional emotif terhadap kenakalan remaja dilihat dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh r hitung = 0,625 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 22 maka diperoleh r tabel = 0,423. Ternyata r hitung > r tabel yaitu 0,625 > 0,423. Dengan demkian Ha yang berbunyi “Terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan pribadi dengan pendekatan rasional emotif terhadap kenakalan remaja pada peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013” diterima.
Pengaruh bimbingan pribadi dilakukan semaksimal mungkin dalam menangani kenakalan remaja, Dengan pendekatan rasional emotif peserta didik dapat mampu berfikir rasional dan dapat mengendalikan perilakunya menjadi yang lebih baik.
11095012590 | ERY p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain