Skripsi
TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL DALAM PROSES BIMBINGAN SKRIPSI TAHUN AKADEMIK 2012/2013
Kata Kunci : tingkat kecemasan, proses bimbingan skripsi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh goncangan fikiran, tenaga, uang atau materi, dan waktu, serta jiwa melanda mahasiswa dalam proses skripsi, mereka pun dalam kondisi antara bisa dan tidak menghadapinya sehingga penulis merumuskan masalahnya yakin, banyak mahasiswa bimbingan dan konseling yang mengalami kecemasan ketika memasuki face menghadapi skripsi, kemudian penulis jabarkan dalam pertanyaan penelitian tentang persepsi membuat skripsi, faktor-faktor penyebab mereka cemas dalam membuat skripsi, kondisi kecemasan dalam proses bimbingan skripsi, dan kemampuan mahasiswa dalam mengatasi kecemasan pada proses skripsi, dengan tujuan mengetahui persepsi membuat skripsi, mengetahui faktor-faktor penyebab mahasiswa cemas dalam membuat skripsi, mengetahui kondisi kecemasan mahasiswa dalam fase skripsi, dan mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mengatasi kecemasan selama fase skripsi.
Untuk mengungkap fenomena sosial yang terjadi maka didukung oleh teori relevan yang digunakan, diantaranya, teori kecemasan, tentang proses bimbingan skripsi, dan studi analisis teori.
Data dikumpulkan dengan mengunakan pendekatan kualitatif fenomenologik naturalistik kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis domain, taksonomi, komponen, dan tema,
Hasil analisis menunjukkan bahwa, pertama, mahasiswa berpersepsi tentang membuat skripsi, bahwa skripsi sangat sulit pada pengolahan bahasanya, kedua, faktor-faktor yang menyebabkan mahasiwa cemas dalam membuat skripsi adalah persepsi negatif, aktivitas/perilaku, ketersediaan alat pendukung, pengalaman atau pendidikan, dan pendapatan, ketiga, kondisi kecemasan yang terjadi pada mahasiswa dalam fase skripsi tergolong dalam tingkat kecemasan sedang, dan keempat, kemampuan mereka untuk mengatasi kecemasan selama fase skripsi yaitu dengan mengalihkan pada aktivitas lain, adapun pesan yang penulis ajukan adalah, pertama, perlunya dilakukan bimbingan bersama menjelaskan tentang skripsi oleh setiap dosen pembimbing, kedua, dipandang perlu keseriusan baik mahasiswa maupun dosen dalam proses bimbingan skripsi agar dapat mengefisiensi pengeluaran, ketiga, perlu ditingkatkan kesadaran diri setiap mahasiswa agar kondisi yang dihadapi lebih kondusif, dan kempat, mahasiswa dipandang perlu menyeimbangkan waktu antara aktivitas skripsi dengan aktivitas lain.
01109501157 | HIL t | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain