Skripsi
HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VII MTs RADEN FATAH GROBOG WETAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : keharmonisan keluarga, perilaku disiplin
Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi keharmonisan keluarga peserta didik Kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?, 2) Bagaimana perilaku disiplin peserta didik Kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?, 3) Adakah hubungan keharmonisan keluarga dengan perilaku disiplin peserta didik Kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui keharmonisan keluarga peserta didik Kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, 2) untuk mengetahui perilaku disiplin peserta didik Kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, 3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan keharmonisan dengan perilaku disiplin peserta didik Kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Populasi penelitian ini berjumlah 150 peserta didik yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel yang berjumlah 30 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan custer kuota random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus spearman brown sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keharmonisan keluarga pada peserta didik kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal adalah dalam kategori “baik” dibuktikan dari hasil jawaban responden pada rentang skor 69 – 73 dari 30 responden. Sebagian diantaranya adalah dalam kategori sedang yaitu sejumlah 20 responden atau 20%. Sedangkan pada perilaku disiplin pada peserta didik kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal adalah dalam kategori “baik” dibuktikan dari hasil jawaban responden pada rentang skor 61 – 65 dari 30 responden. Sebagian diantaranya adalah dalam kategori baik yaitu sejumlah 9 responden atau 30%. Dengan hasil analisis data menggunakan rumus corellation product moment terdapat hubungan yang signifikan keharmonisan dengan perilaku disiplin peserta didik Kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan penghitungan menggunakan rumus corellation product moment diperoleh angka teoritik sebesar rhitung (0,495) > rtabel (0,444) (TS 5%).
Untuk itu diharapkan guru pembimbing dapat selalu mengontrol perilaku disiplin peserta didik di sekolah karena disiplin merupakan salah satu modal besar untuk mencapai keberhasilan dalam berprestasi. Dan peserta didik diharapkan disiplin dalam kehidupan mereka secara kontinuitas, tepat waktu, melaksanakan kewajiban.
01109501182 | SEL h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain