Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA (Suatu Penelitianpada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri 1Bantarbolang Tahun Ajaran 2012/2013)
Kata Kunci : kemampuan numerik, kemampuan memahami bacaan, menyelesaikan soal cerita.
Kemampuan numerik, kemampuan memahami bacaan merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar matematika peserta didik khususnya dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan numerik tehadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan memahami bacaan tehadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan numerik dan kemampuan memahami bacaan tehadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada peserta didik Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri I bantarbolang Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 297 peserta didik yang tersebar pada 8 kelas .Sampel dalam penelitian ini sebanyak 149 yang didapat dari 7 kelas dan satu kelas sebagai kelas uji coba yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan kemampuan numerik terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matemtika, sebesar 80,59%; (2) ada pengaruh yang signifikan kemampuan memahami bacaan terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika, sebasar 65,83%; (3) ada pengaruh yang signifikan kemampuan numerik dan kemampuan memahami bacaan terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika, sebasar 83,58%.
1709501240 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain